Banjarnegara

Tiga Karya Guru Banjarnegara, Lolos Inobel Nasional

Magang Dua | Sabtu, 29 April 2017 - 10:38:21 WIB | dibaca: 61 pembaca

BANJARNEGARA, SATELITPOS-Tiga karya pengajar di sekolah menengah Banjarnegara, lolos lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) tingkat nasional yang diselenggarakan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumnya, Wasis Sucipto (SMKN 2 Bawang), Heni Purwono (SMAN 1 Sigaluh), dan Septi Rahmawati (SMK HKTI Klampok), mengikuti Bimbingan Teknis dan Pendampingan, di Yogyakarta, Rabu-Jumat (26-28/4).

Dalam lomba tersebut, Wasis membuat inovasi pembelajaran Early Warning System (EWS) pada mata pelajaran fisika listrik. Sementara Heni, membuat komik meme sejarah, sedangkan Septi membuat origami untuk pelajaran matematika.

Kondisi geogafis Banjarnegara yang rawan longsor, menjadi dasar karya Wasis. Lewat karyanya, anak didiknya diajak melakukan eksperimen pembuatan detektor longsor.

"Alat ini penting dibuat siswa, supaya mereka senantiasa siaga bencana," kata Wasis.

Fenomena siswa yang saat ini sangat menggandrungi satu budaya baru di sosial media, yakni meme, menjadi alasan terciptanya karya Heni.

"Dengan komik meme yang berisi konten materi sejarah, siswa akan menjadi lebih tertarik belajar dan membaca. Sodorkan saja buku pelajaran biasa dan komik. Pasti mereka akan memilih komik, karena ada kekuatan visual gambarnya," kata Heni.

Ketiga karya tersebut, masih akan diadu lagi dengan 100 karya lain hingga diambil 50 besar terbaik. Tiga karya terbaik, nantinya akan mendapat predikat sebagai juara nasional yang hasilnya akan diumumkan November mendatang, bersamaan dengan Hari Guru Nasional 2017. (gat)










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)