Smart Business

Stok Melimpah, Harga Cabai Rawit Merah Turun

Magang Dua | Kamis, 20 April 2017 - 10:22:53 WIB | dibaca: 31 pembaca

PURWOKERTO, SATELITPOST- Harga cabai rawit merah di Pasar Wage kembali turun sejak sepekan terakhir. Berdasarkan pantauan SatelitPost pada Senin (17/4), harga terakhir berada di angka Rp 50 ribu per kilogram dari harga sebelumnya,yakni Rp 60 ribu per kilogram.

Yusup, seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Wage, mengatakan, harga yang berangsur-angsur turun dikarenakan pasokan cabai yang melimpah. jumlahnya terbilang lebih banyak jika dibandingkan saat harga cabai tinggi. “Saya menyediakan jumlah yang sama meskipun harga cabai merah sedang naik maupun turun, yakni sejumlah lima kilogram per hari,” kata dia.

Penurunan harga juga terjadi terhadap cabai jenis lainnya. Untuk harga cabai rawit hijau Rp 40 ribu per kilogram. sementara harga cabai merah keriting saat ini Rp 25 ribu per kilogram dan cabai hijau Rp 15 ribu per kilogram. Lebih lanjut, Yusup mengatakan, penurunan harga cabai berpengaruh terhadap penjualannya. omsetnya justru berkurang dikarenakan banyak warung-warung yang menyediakan cabai rawit merah.

“Saat harga cabai rawit merah, jarang ada warung yang jualan. Tapi sekarang karena stoknya banyak dan harganya murah. Sehingga pembeli cenderung berbelanja di warung-warung kecil,” ujarnya.

Sementara itu, Wahyu Adhi Febrianto, Kepala Bidang Perdagangan Dinperindag Kabupaten Banyumas, mengatakan, turunnya harga cabai rawit merah sekarang ini dikarenakan panen yang melimpah. Selain itu, faktor cuaca juga mempengaruhi kesuksesan panen. “Kemungkinan stoknya bertambah. hal ini karena pengaruh cuaca dan sekarang sudah masuk musim panen,” kata dia.

Lanjut, kata Wahyu jika pihaknya belum dapat memastikan jumlah stok cabai rawit merah yang masuk ke pasar tradisional di wilayah Banyumas tersebab belum melakukan kontrol langsung. (ind)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)