Opini & Budaya

Semua Orang Bisa menjadi Jenius

Magang Dua | Senin, 17 April 2017 - 10:39:43 WIB | dibaca: 72 pembaca

Menjadi jenius, boleh jadi itu mimpi buat sebagian kecil orang. Karena kebanyakan kita mendengar kata jenius saja sepertinya sesuatu yang sangat sulit sekali dan tidak mungkin kita capai. Padahal menurut penulis Adi W Gunawan semua orang pada dasarnya dilahirkan untuk menjadi jenius. Jenius menurut KBBI adalah berkemampuan (berbakat) luar biasa dalam berpikir dan mencipta. Semua orang yang jenius dapat dipastikan masa depan hidupnya akan sukses. Kita semua pasti ingin menjadi orang sukses, dan sesungguhnya kesuksesan itu bisa diraih oleh semua orang. Siapa saja bisa berhasil asalkan ada tekad dan kemauan yang kuat dalam diri manusia.

Buku Born To Be A Genius, memberi petunjuk bagaimana mencapai kesuksesan dalam hidup. Sukses untuk kita, untuk anak-anak kita, suami dan orang oran yang kita cintai. Buku ini membahas bagaimana kita bisa membangkitkan sifat jenius yang sudah melekat pada diri kita sejak lahir. Buku ini mengupas dengan tajam, bagaimana membuka potensi diri dan proses prestasi diri, serta memberi alternatif kepada orang tua untuk menghasilkan anak anak yang berprestasi. Kunci rahasia pembuka untuk mengetahui potensi yang ada pada diri kita adalah konsep diri. Tiga komponen yang saling mempengaruhi dalam konsep diri yaitu Diri Ideal (Self Ideal), Citra diri (Self Image) dan Harga Diri (Self Esteem). Masing-masing komponen disajikan dengan contoh yang mudah dimengerti sehingga memperjelas pembaca. Dengan memahami fungsi masing masing komponen dalam buku ini, pembaca akan dapat membuat satu konsep diri yang baru dan lebih baik, dan apabila ini dilakukan Anda akan berhasil dalam bidang apa saja.

Buku ini juga mengenalkan kepada pembaca tentang otak manusia dan fungsinya. Dengan memahami fungsi otak, kita bisa mengoptimalkan penggunaan kedua belahan otak kita. Yaitu otak kiri dan otak kanan secara bersamaan, untuk bisa mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Buku ini dilengkapi dengan Kuis Preferensi Hemisfer yang berguna untuk mengetahui kecenderungan pembaca dalam menggunakan belahan otak (hemisfer) kiri atau kanan, disertai dengan teknik dan metode kerja otak agar kita dapat sukses dalam belajar. teori dalam mengenal dan memahami kepribadian dikupas tuntas dalam buku ini dengan contoh yang nyata dalam keseharian.

 

Buku ini membuka wawasan pembaca tentang pentingnya pola pikir yang maju tentang sekolah yang bukanlah satu-satunya tempat menggali ilmu. Masih banyak cara belajar di luar sekolah yang bisa membawa kita kepada keberhasilan. Belajar tidak harus kembali ke sekolah.Ada banyak sumber informasi yang dapat diakses. Sumber informasi ini bisa berupa buku, majalah, surat kabar, kaset ceramah, video, seminar, lokakarya, atau pun melalui internet.Menjadi pembelajar seumur hidup adalah suatu proses yang akan memperkaya hidup kita lahir dan batin.

 

 

Dan yang terpenting dari itu semua adalah keseimbangan hidup, karena dalam menjalani hidup, kita tidak boleh hanya mengejar satu aspek saja. Ada beberapa aspek yang harus kita kembangkan dan seimbangkan, antara lain adalah spiritual, karier, fisik, emosional, keluarga dan finansial. Setiap aspek ini perlu dikembangkan sehingga tercapai suatu keseimbangan yang indah. Semua itu dibutuhkan upaya sungguh-sungguh dan proses yang berkesinambungan untuk bisa mencapai hal ini. Hal ini akan sangat penting untuk pembaca ajarkan pada anak anak kita.

 

Persensi:

Siti Munfarijah

Pemerhati buku dan Kepala TK Diponegoro 146 Purwokerto Barat, yang tinggal di Desa Pasir Kidul, Jl Sawunggaling V Rt 1 Rw 1 Purwokerto Barat - Banyumas.

 

IDENTITAS BUKU
Judul                     : BORN TO BE A GENIUS

Penulis                 : Adi W Gunawan

Tahun                   :  Terbit : IV. Desember 2007
Halaman              : 285 hlm
Penerbit              : Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama

ISBN                      : 978-979-22-0253-3 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)