Banyumas

Rencananya Tahun Depan

Polres Banyumas Akan Terkoneksi SIM Online

satelit post | Jumat, 11 Desember 2015 - 10:26:52 WIB | dibaca: 3422 pembaca

PURWOKERTO, SATELITPOST-Untuk perpanjangan surat izin mengemudi (SIM), kini pemegang tidak perlu datang ke Satuan Polisi Lalu Lintas (Satpas) dimana lisensi mengemudinya dikeluarkan. Dengan diberlakukannya sistim online, pemegang SIM yang telah habis masa berlakunya bisa mengurus perpanjangannya di Satpas Polrestabes yang sudah terkoneksi.

Program layanan baru tersebut, kata Kapolres Banyumas, AKBP Gidion Arif Setyawan, sudah diresmikan beberapa waktu lalu. Tetapi diakuinya, sejauh ini baru ada 45 Satpas yang terkoneksi di seluruh Indonesia.

"Kita berharap Banyumas terkoneksi. Untuk pastinya kapan, tapi sepertinya tahun 2016 kita sudah terkoneksi dengan sistim online ini," ujar Kapolres, Rabu (9/12).

Menurutnya, untuk SIM online ini, hanya berlaku untuk perpanjangan dan alih golongan saja. Sementara untuk pembuatan baru, tetap harus datang ke Satpas domisili dan mengikuti prosedur yang selama ini berlaku.

"Setidaknya, masyarakat kini tidak perlu repot-repot untuk pulang ke daerahnya untuk perpanjangan SIM. Cukup ke Satpas yang sudah terkoneksi, semuanya langsung beres," katanya.

Untuk Satpas di daerah-daerah khusunya non kota besar di Jawa Tengah, secara teknis masih menunggu dari Korlantas Polda Jawa Tengah. Karena, program tersebut merupakan program nasional yang direncanakan secara progres akan diberlakukan hingga ke daerah-daerah.

Hal senada juga dikatakan Kasatlantas Polres Banyumas, AKP Ihram Kustarto. Dia mengatakan, SIM online itu pada prinsipnya mempermudah masyarakat yang sudah memiliki SIM namun masa berlakunya sudah habis, dan dia ingin memperpanjang. Artinya, kata dia, di sini pemerintah mengakomodir melalui Polri untuk memudahkan masyarakat yang memiliki SIM dan masa berlakunya sudah habis bisa diperpanjang di kota domisili masing-masing.

Secara teknisnya dia mencontohkan, pemegang SIM yang misalnya sedang bekerja di Kota Surabaya. Tetapi, KTP dan SIM-nya terdaftar di Semarang. Ketika masa berlakunya habis, untuk perpanjangan atau peningkatan golongan, si pemegang ini tidak perlu pulang ke Kota Semarang seperti yang berlaku sebelumnya. Dia cukup datang ke Satpas Colombo Surabaya, semuanya bisa diurus.

"Biaya yang diberlakukan untuk perpanjangan, tetap sesuai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Di manapun perpanjangannya biayanya tetap sama," katanya memastikan bahwa program ini akan segera diberlakukan hingga ke seluruh daerah di Indonesia. (enk)










Komentar Via Website : 1
EDY WIBOWO
26 September 2016 - 18:25:32 WIB
asalam.gmn pak saya asli purwodadi grobogan saya buat sim di grobogan saya skrng dah jd orang banyumas dah ktp banyumas tp saya pdrpanjangan sim c saya gk bsa kata pegawai loketny.ktny hrus nyabut data di grobogan ke banyumas.gmn y pak.kira kira skrng bisa gk y pak
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)