Banjarnegara

Polisi Giatkan Razia dan Pemeriksaan Kendaraan

Magang Dua | Jumat, 28 April 2017 - 10:18:46 WIB | dibaca: 42 pembaca

Petugas gabungan memeriksa kendaraan bus saat memasuki area Kabupaten Banjarnegara, Selasa (25/4). ISTIMEWA

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Untuk menekan tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas, sejumlah upaya terus dilakukan jajaran Satlantas Polres Banjarnegara. Kasat Lantas Polres, AKP Ben Aras mengatakan, satu hal yang cukup rutin dilakukan adalah razia kendaraan, terutama di daerah rawan kecelakaan lalu lintas atau blackspot seperti yang digelar di ruas jalan raya Purwonegoro.

"Daerah ini ditetapkan sebagai kawasan blackspot sejak tahun lalu. Angka kecelakaan lalu lintasnya cukup sering terjadi," ujar dia saat memimpin razia di kawasan tersebut, Selasa (25/4).

Selain mengecek surat-surat dan kelengkapan berkendara, para pengemudi juga diingatkan dan diimbau untuk tertib berlalu lintas.

"Cara ini efektif menekan angka kecelakaan dan meningkatkan kesadaran pengendara kendaraan bermotor terhadap pentingnya tertib berlalu lintas," ujarnya, sebagaimana dirilis di laman resmi Polres Banjarnegara.

Di lokasi berbeda, Satlantas Polres Banjarnegara juga melakukan pengecekan bus angkutan umum di pangkalan bus di Kecamatan Purwanegara. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Perhubungan Banjarnegara.

Pengecekan itu kata Kasat Lantas, dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat bus yang tidak laik jalan.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pengecekan mulai dari fungsi lampu sein, lampu rem, lampu utama, pengereman, kondisi ban, kelengkapan surat-surat kendaraan, buku uji KIR kendaraan, hingga ketersediaan P3K, segitiga pengaman, dan pintu darurat.

"Kami lakukan pengecekan kelaikan jalan dan kelengkapan surat-surat kendaraan, dengan melibatkan Dishub Banjarnegara. Dari hasil pengecekan, sebagian besar kendaraan yang beroperasi memenuhi persyaratan," ujar Kasat Lantas. (enk)










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)