Purbalingga

Dorong Parpol Maju Lawan Tasdi-Tiwi

Plt Bupati Tidak Ingin Pilkada Mundur

satelit post | Jumat, 31 Juli 2015 - 11:03:49 WIB | dibaca: 323 pembaca

PURBALINGGA, SATELITPOST-Pelaksana tugas Bupati Purbalingga, Budi Wibowo, tak ingin Pilkada Purbalingga 2015 ditunda sampai pilkada serentak tahun 2017. Demi kelangsungan Pilkada 2015 ini, Budi medorong berbagai pihak agar mengupayakan pilkada bisa berlangsung tanpa penundaan sesuai peran masing-masing.

"Kami sudah datang ke Kejaksaan Negeri, ke Kodim, ke Polres dan ke partai politik. Kita komunikasikan agar pilkada tetap berlangsung tahun ini," kata Budi di ruang kerja bupati, Kamis (30/7).

Budi mengaku optimistis, jika setiap pihak bersama-sama mendorong keberlangsungan tahapan pilkada, pemilihan bupati tak akan diundur. Dari proporsi syarat dukungan, masih memungkinkan beberapa parpol mengusung calon lain selain Tasdi-Tiwi. Jikapun Golkar dan PPP tak ikut serta pada pilkada, masih ada tiga parpol yakni PKB (lima kursi), Demokrat (dua kusi) dan Hanura (dua kursi) yang bisa mengusung satu pasangan calon.

"Siapapun orangnya monggo, saya hanya berharap partai-partai politik bisa memanfaatkan peluang pesta demokrasi ini untuk mencalonkan sebagai kepala daerah. Jangan sampai kita jadi penonton padahal kita seharusnya menyelenggarakan," ujar Budi yang gemar bermain tenis lapangan ini.

Budi mengatakan, ia akan dilantik menjadi Pejabat Bupati Purbalingga pada 5 Agustus mendatang. Pelantikan akan dilakukan bersama lima pejabat bupati/wali kota lain di Semarang. Setelah dilantik sebagai pejabat bupati, Budi memiliki kewenangan yang sama dengan bupati definitif, termasuk mengambil kebijakan strategis seperti kebijakan anggaran.

"Beda Plt dengan Pj, kalau Plt tidak perlu dilantik sedangkan Pj dilantik. Kemudian Plt hanya menjalankan tugas harian bupati, kalau Pj kewenangannya sama seperti bupati definitif," kata ayah tiga orang anak ini.

Usai dilantik, Budi mulai bekerja sesuai tugasnya sebagai bupati hingga pasangan calon bupati terpilih dilantik Maret 2016. Setelah usai tugasnya sebagai pejabat bupati, Budi akan kembali menjabat Assisten Bidang Kesra Pemprov Jawa Tengah. "Namun demikian, jika pilkada sampai diundur 2017, sayapun siap menjalankan tugas sebagai bupati," kata pria kelahiran Banjarnegara ini. ([email protected])










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)