Smart Business

MUI Bakal Gelar Kongres Ekonomi Umat

Magang Dua | Jumat, 21 April 2017 - 10:05:26 WIB | dibaca: 42 pembaca

JAKARTA, SATELITPOST - Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar Kongres Ekonomi Umat bertema "Arus Baru Ekonomi Indonesia". Acara tersebut digelar di Hoyel Grand Sahid Jaya, Jakarta, 22-24 April 2017. Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Pusat, M Azrul Tanjung, mengatakan, acara ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri kabinet kerja.

"Insya Allah, kongres ini akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri setidaknya 12 menteri Kabinet Kerja," ujar Azrul melalui keterangan pers, Kamis (20/4) dikutip dari Kompas.com.

Kementerian yang dirangkul MUI dalam acara ini antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kongres tersebut juga akan dihadiri oleh sejumlah pengusaha besar seperti pemilik CT Corp Chairul Tanjung, dan pemilik Medco Group, Arifin Panigoro. Azrul mengatakan, kongres tersebut baru pertama kalinya digelar MUI. Tujuan kegiatan tersebut yakni menginventaris dan menjawab problematika yang dihadapi ekonomi bangsa ini.

"Sehingga diperlukan adanya koordinasi, konsolidasi, kolaborasi dan sinergi seluruh eksponen ekonomi umat demi terwujudnya kesejahteraan umat yang berkeadilan dan berperadaban," kata Azrul.

Penguasaan aset ekonomi oleh pihak asing dan usaha besar semakin besar. Sedangkan KUMKM hanya memperoleh porsi di bawah 20 persen dari nilai ekonomi nasional. Ia menilai, ketimpangan ekonomi dan endapatan menjadi permasalahan ekonomi Indonesia. Dalam hal ini, MUI mendorong adanya pemerataan ekonomi terhadap pelaku usaha kecil dan mikro.

"MUI berinsiatif di mana MUI tidak hanya khidmad pada hal bersifat ibadah, tapi juga khidmat dalam muamalah," kata Azrul. Kongres tersebut merupakan lanjutan hasil Kongres Umat Islam Indonesia VI di Yogyakarta pada 5-11 Februari 2015 lalu. Kongres Ekonomi Umat diharapkan bisa menciptakan momentum penting dalam membangkitkan ekonomi umat yang kelak akan menjadi arus baru ekonomi Indonesia.(gst)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)