OtoStyle

Mobil Jangan Sampai Kekurangan Oli

Magang Dua | Rabu, 26 April 2017 - 10:56:28 WIB | dibaca: 64 pembaca

Bagi orang yang pertama kali memiliki mobil, kadang kebingungan dengan kebutuhan perawatan rutin mobilnya agar tetap sehat dan bisa kapan saja dikendarai.

Dikutip Tribunnews, Ilma Agung Prabowo, Technical Specialist Integrated Lubrication Management Academy PT Pertamina Lubricants berbagi tips tentang trik mudah melakukan perawatan ringan mobil, bahkan buat mereka yang masih sangat awam tentang mesin dan kelistrikannya.

Berikut 11 tips dari Ilma Agung Prabowo yang dia paparkan saat menjadi pembicara di acara talkshow bertajuk 'Merawat Kendaraan Semudah Tersenyum' yang diselenggarakan Pertamina Lubricants bersama portal otomotif Mobil123 di The Hook, Jakarta, Selasa (25/4):

1. Selalu sediakan toolkit

Cek kelengkapan dan kondisinya setiap minggu untuk memastikan toolkit selalu siap pakai, antara lain, kunci busi, obeng. Taruh toolkit pada boks khusus.

2. Cek tekanan angin

Pergantian suhu siang dan malam terhadap permukaan jalan berpengaruh pada tekanan angin ban. "Kalau tekanan angin kurang, konsumsi bahan bakar jadi boros," ungkapnya.

Ilma menyarankan Anda selalu mengecek tekanan angin minimal seminggu sekali.

3. Cek kondisi jok mobil

Ilma mengatakan, kebiasaan membuka kaca mobil saat berkendara, membuat jok jadi cepat mudah kotor. Begitu juga pada bagian dasbor dan lain-lain.  "Lakukam vacuum secara berkala," saran Ilma Agung.

4. Jaga kebersihan bodi mobil

Goresan sering muncul pada bodi saat mobil digunakan. "Pasta gigi bisa digunakan untuk menghilangkan noda gores ringan pada cat bodi," ungkap Ilma Agung.

5. Kaga kebersihan kaca

Gores-gores ringan juga bisa terjadi pada kaca mobil akibat berbagai kotoran dan debu. Gores-gores ringan itu juga bisa dibersihkan dengan pasta gigi atau bahan lain yang bisa dibeli melalui online shop/toko aksesoris mobil.

6. Pastikan semua lampu berfungsi

Cek lampu depan, belakang, lampu indikator maupun lampu kabin. Pastikan semua dalam kondisi baik.

7. Cek oli mesin

Oli adalah darahnya kendaraan. Fungsinya untuk melumasi bagian dan komponen mesin saat terjadi gesekan. "Kurang oli tak bagus buat mesin, begitu juga kelebihan oli. Unjuk kerja mesin jadi berat," ungkapnya.

8. Cek air radiator

Air radiator bekerja untuk mendinginkan mesin. Air radiator harus dijaga jangan sampai kurang atau radiator mengalami kebocoran.

9. Kondisi aki

Aki berperan dalam memasok kebutuhan asupan listrik pada kendaraan. arus dari aki harus kontinyu memasok ke mobil. Pada aki tipe basah, lalukan pengecekan berkala ketinggian volume air aki.

9. Ban serep

Sediakan ban serep dan selalu cek kondisinya berikut tekanan anginnya karena dibutuhkan sewaktu-waktu saat dilakukan penggantian ban. (lil)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)