Komunitas

Ahmad Tohari Ramaikan HUT BI

Membaca Melatih Kepekaan Sosial

satelit post | Sabtu, 04 Juli 2015 - 09:34:49 WIB | dibaca: 277 pembaca

BUDAYAWAN Banyumas, Ahmad Tohari (kiri) saat menjadi narasumber dalam acara Diskusi dan Buka Bersama di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Kamis (2/7). Kegiatan tersebut dalam rangkaian ulang tahun Bank Indonesia. HUMAS BI

PURWOKERTO, SATELITPOST-Puluhan mahasiswa Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan karyawan Bank Indonesia berkumpul bersama di selasar lobi kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Kamis (2/7). Helatan yang diselenggarakan dalam rangkaian ulang tahun Bank Indonesia ini juga dihadiri budayawan Banyumas, Ahmad Tohari.

 

Kedatangan Ahmad Tohari ke BI Purwokerto dikemas dalam bentuk diskusi. Tema yang diambil adalah Buku Sebagai Sarana Pengembangan Diri. Di depan sekitar 150 orang undangan, Ahmad Tohari memaparkan bahwasanya membaca sebenarnya juga merupakan perintah Allah SWT. “Iqra.. iqra, tapi  kenapa masyarakat kita masih memiliki minat baca yang minim?" kata dia.

 

Dalam suatu penilitian terhadap siswa SMA, rata-rata siswa Indonesia hanya membaca kurang dari 1 npovel, sementara di Singapura, rata-rata siswanya membaca sebanyak 18 novel, Jepang 25 novel dan Amerika 32 novel. Ini menunjukkan ketertinggalan dalam dunia literasi.

 

"Dengan membaca, kita akan mendapat banyak pengetahuan. Membaca juga melatih rasa sensitivitas. Sehingga, jika suatu hari nanti kita diberi amanah menjadi pemimpin, kita akan menjadi pemimpin yang memimpin tidak hanya dengan logika, tetapi juga dengan perasaan. Pemimpin yang sensitif akan enggan mendzalimi rakyat," ujarnya. Diakui Tohari, budaya lisan juga masih kental di Banyumas. Hal ini juga mendukung minimnya minat baca masyarakat.

 

Setelah pemaparan, diskusi dilanjutkan dengan tanya jawab. Setelah sesi dengan Ahmad Tohari selesai, acara dilanjutkan dengan tiup lilin ulang tahun, penyerahan hadiah bagi pegawai terbaik, penyerahan cincin penghargaan kepada pensiunan, dan penyerahan tali asih dari pegawai organik kepada pihak ketiga.

 

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Purwokerto, Farid Falatehan yang turut pula meniup lilin ulang tahun. Setelah bedug maghrib, helatan dilanjutkan dengan solat berjamaah, santap malam dan ditutup dengan tarawih dan kultum.

 

"Dalam rangkaian ulang tahun BI, hari Jumat (3/7) ini kami juga mengadakan malam Nuzulul Quran bersama," kata Humas BI Purwokerto, Dian Aziza Damhart.([email protected])










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)