Food

Legitnya Karamel Singkong Cinta KPU

Magang Dua | Sabtu, 22 April 2017 - 10:34:29 WIB | dibaca: 32 pembaca

Makanan berbahan dasar singkong ternyata bisa disulap menjadi hidangan menggiurkan dan lebih berkelas. Seperti yang terjadi pada Lomba Kuliner Pemilu yang digelar Jumat (21/4). Berbeda dengan peringatan hari Kartini biasa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas mengadakan lomba memasak dengan bahan dasar singkong yang diikuti oleh ibu-ibu PKK seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Banyumas.

Dalam lomba tersebut, ada satu olahan singkong yang dinobatkan sebagai juara pertama. Karamel Singkong Cinta KPU namanya. “Namanya KSC KPU, Karamel Singkong Cinta KPU, karena ini merupakan acara yang digelar KPU dan untuk mensosialisasikan pentingnya kaum wanita berpartisipasi dalam Pemilu yang akan digelar mendatang,” kata Pengurus PKK Kecamatan Baturaden Pojka III, Trias Iswara Dewi Suwignyo.

Menu yang disajikan Trias dan timnya ini memang unik. Pasalnya, singkong yang selama ini dikenal oleh masyarakat sebagai bahan dasar makanan tradisional seperti combro, gethuk, ondol-ondol. Namun, ditangan mereka, singkong dimasak menjadi kue karamel. “Singkong yang tradisional dikreasikan menjadi makanan yang menasional. Artinya bisa pula dikonsumsi oleh orang tua maupun anak-anak. Karena citarasanya yang enak dan kekinian,” kata dia.

Trias mengklaim, proses pembuatannya sangat sehat. KSC KPU memiliki memiliki citarasa manis nan legit. “Meski begitu rasa saripati singkong masih bisa dirasakan lidah. Sehingga sensasinya berbeda dengan cake yang berbahan dasar terigu biasa. Selain itu, teksturnya pun lebih lembut dan kenyal. Sangat pas untuk teman minum teh maupun kopi,” ujarnya.

Menurut Trias, resep ini terinspirasi dari kondisi alam Baturaden, dimana ada banyak singkong kualitas unggulan di daerah tersebut. “Kualitasnya unggulan, kalau dalam bahasa Banyumas, buket. Selain itu, dulu singkong hanya dijadikan makanan sederhana. Tapi dengan adanya Kartini modern di era sekarang ini, proses membuat makanan bisa menggunakan alat-alat modern seperti mixer misalnya. Dan juga banyak resep-resep modern yang bisa dipadukan dengan resep tradisional. Singkong yang hasil pribumi bisa diolah dengan karamel,” ujar dia. (indriyunita3492@gmail.com)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)