Cilacap

Sedot Anggaran hingga Rp 6,7 Miliar

Langganan Banjir, Sungai Ciuyah Dinormalisasi

Magang Dua | Sabtu, 29 April 2017 - 10:36:41 WIB | dibaca: 107 pembaca

DAYEUHLUHUR, SATELITPOST-Saluran Sungai Ciuyah yang terletak di Dusun Manggasari Desa Panulisan Kecamatan Dayeuhluhur akan dinormalisasi agar lancar.

Pelaksana PT Dahlia Mutiara Utama Kota Banjar Yudiawan mengatakan, sesuai Surat Perintah Kerja (SPK) dimulai pada 14 Februari 2017 sampai dengan 14 September 2017, dengan nilai anggaran Rp 6,7 miliar. Pelaksanaan proyek baru dilaksanakan pada bulan Mei 2017 mengingat sebelumnya pengerukan sungai tidak tercantum paket proyek tersebut.

Dijelaskan, normalisasi sungai nantinya bisa mengatasi penyempitan dan sedimentasi sungai. Supaya di musim penghujan, ketika debit air sungai tinggi air tidak meluap dan mengakibatkan banjir di sekitar wilayah tersebut.

“Kita lakukan dengan pengerukan dan normalisasi sungai agar tidak terjadi penyempitan dan bisa dimanfaatkan untuk irigasi lahan pertanian," kata dia.

Dipastikan kegiatan proyek tidak akan mengganggu lahan masyarakat. Hanya saja jembatan darurat yang berada di sungai tersebut untuk sementara diangkat karena digunakan lintasan kendaraan proyek.

 

Dalam sosialisasi dengan warga yang dilaksanakan di Pendapa Desa Panulisan kemarin pihak PT Dahlia Mutiara Utama Kota Banjar memastikan sarana yang sebelumnya ada seperti jembatan dan jalan yang terkena dampak akan dibangun kembali seperti semula.

“Tadi kita lakukan sosialisasi dengan warga dan Pemerintah Desa Panulisan disaksikan perwakilan BBWS Citanduy sepakat tidak menuntut ganti rugi jika lahan mereka terkena dampak pengerukan," kata dia.

 

Kepala Desa Panulisan Wahro kepada SatelitPost mengatakan untuk menciptakan suasana kondusif pihak pelaksana agar melakukan koordinasi dengan pemerintah Desa dan lingkungan serta melaksanakan kesepakatan penanganan dampak dari proyek tersebut.

 

Di antarnya limbah pengerukan agar diangkut dan diratakan dengan rapi sehingga tiadak mengganggu transportasi masyarakat sehari-hari.

 

Dia berharap dengan normalisasi sungai tersebut tidak akan terjadi banjir saat musim hujan karena luapan air kelahan pertanian yang disebabkan penyempitan sungai. Selain itu, normalisasi sungai diharapkan bisa membantu ketersediaan air untuk irigasi pertanian. Sehingga turut dapat meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat.([email protected])










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)