Cilacap

Telan Anggaran Rp 750 Juta -Bupati-Warga Kerja Bakti Bareng

Jalan Desa Grugu Di-rigid

Magang Dua | Sabtu, 29 April 2017 - 10:57:42 WIB | dibaca: 202 pembaca

Bupati bersama warga melakukan kerjabakti peningkatan jalan di Desa Grugu, Jumat (28/4) HUMAS PEMKAB

KAWUNGANTEN, SATELITPOST-Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelontorkan anggaran untuk Desa Grugu Kecamatan Kawunganten senilai Rp 750 juta. Anggaran dari APBD Cilacap tahun 2017 ini digunakan untuk meningkatkan kualitas jalan dengan konstruksi rigid sepanjang 200 meter.

 

Konstruksi rigid dibangun di jalur jalan Desa Grugu yang melintasi tiga dusun. Yakni Dusun Ajibarang, Rawareja, dan Dusun Karangsalam ini karena struktur tanah yang labil. Konstruksi rigid dipilih agar lebih bertahan lama dan kuat, maka digunakan konstruksi tersebut.

Seperti diberitakan, kerusakan jalan tersebut kerap dikeluhkan warga. Pasalnya kerusajan yang terjadi sangat parah. Jalan sepanjang 3 kilometer penuh lubang dan kubangan air apabila musim hujan tiba. Banyak kubangan-kubangan air yang membahayakan pengendara.

Bahkan beberapa saat lalu, warga melakukan aksi, menuntut agar jalan tersebut segera di perbaiki. Pasalnya sudah menganggu dan menghambat aktivitas warga.

 

“Jalannya akan di-rigid beton, ini jauh lebih baik ketika dana digunakan untuk konstruksi hotmix, karena jika menggunakan konstruksi hotmmik, jalan tidak bisa bertahan lama,” ujar Bupati usai kerja bakti perbaikan jalan bersama dengan warga Desa Grugu, Jumat (28/4) kemarin

 

Bupati mengatakan, jalan tersebut akan secara bertahap dilakukan perbaikan sampai seluruh jalan di desa tersebut menjadi baik. Peningkatan kualitas juga akan dilakukan kembali pada tahun 2018 mendatang. Sehingga Bupati meminta kepada warga untuk bersabar, karena permasalahan yang ada di desa tersebut, terutama masalah jalan akan segera diselesaikan.

 

“Nanti tahun 2018 pemkab bisa menganggarkan Rp 5 miliar untuk melanjutkan pembangunan jalan ini,” katanya.

 

Selain itu, Bupati juga berpesan kepada masyarakat nantinya ikut memelihara. Satu di antaranya agar angkutan barang yang melebihi tonase tidak melintas di jalan tersebut nantinya. Sehingga jalan desa akan lebih bertahan lama.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, melalui Kepala UPT Kecamatan Jeruklegi, Kalutoro, mengatakan selain alokasi peningkatan jalan, tahun ini, DPU juga mengalokasikan anggaran Rp 100 juta untuk pemeliharaan rutin untuk jalan kabupaten di Desa Grugu tersebut.

 

Bupati Cilacap bersama dengan warga, OPD dan juga pasukan siaga serta camat melakukan kerja bakti peningkatan jalan Desa Grugu kemarin. Mereka menutup jalan yang rusak dengan makadam terlebih dahulu. (ale)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)