Banyumas

Pemkab Anugerahkan Penghargaan untuk 210 Guru Berprestasi

Guru Harus Pandai Menulis

Magang Dua | Senin, 17 Oktober 2016 - 12:33:58 WIB | dibaca: 65 pembaca

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Tak kurang dari 210 guru dan tenaga kependidikan (GTK) berprestasi dari semua jenjang di Banjarnegara, menerima sejumlah penghargaan di aula Dindikpora Kabupaten Banjarnegara, Kamis (13/10) lalu.

Mereka mendapat penghargaan setelah mengikuti aneka lomba untuk GTK se-Kabupaten Banjarnegara pada Hari Pendidikan Nasional bulan Mei lalu.

Kepala Dindikpora, Noor Tamami mengatakan, penyerahan penghargaan itu diakuinya agak terlambat karena proses penganggaran. Sehingga, pelaksanaannya baru bisa direalisasikan pada anggaran perubahan.

"Berapapun jumlahnya, kita ingin agar guru-guru berprestasi ini mendapatkan apresiasi. Dengan begitu, akan menambah motivasi guru lain untuk dapat berprestasi," ujar Noor Tamami.

Wakil Bupati Hadi Supeno yang didaulat menyerahkan penghargaan, dalam sambutannya menyatakan, bahwa guru guru berprestasi merupakan penebar virus prestasi bagi para siswa.

"Kalau gurunya berprestasi, saya yakin siswanya juga akan termotivasi untuk berprestasi," kata Hadi.

Wabup juga mengisahkan, bahwa dirinya juga mengawali karirnya sebagai guru. Menurutnya, jika ingin meraih puncak karir, seorang guru idealnya tidak hanya mengajar di kelas.

"Guru harus pandai juga menulis, karena menularkan pengetahuan tidak hanya melalui lisan. Makin banyak guru yang aktif menulis, baik karya tulis ilmiah maupun populer, saya yakin akan semakin meningkatkan kompetensi guru, dan bahkan bisa mengubah nasib guru," kata Wabup.

Sebanyak 210 GTK penerima penghargaan, berhasil menjadi yang terbaik dalam beberapa cabang lomba. Selain lomba guru, ada juga lomba kepala sekolah dan pengawas berprestasi, guru daerah terpencil, penulisan best practice, olimpiade guru, dan lainnya.

Sutrimo Widodo, guru mata pelajaran produktif dari SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara yang mendapatkan penghargaan mengatakan, penghargaan itu sangat memotivasinya untuk terus berkarya.

"Dengan perhatian Pemda terhadap guru berprestasi seperti ini, menjadikan para guru lebih bersemangat meningkatkan kompetensinya. Semoga kedepan apresiasinya dapat lebih ditingkatkan," kata Sutrimo.

Kabid PTK Dindikpora, Agus Sutanto menjamin, kegiatan serupa akan terus dilaksanakan. Bahkan, kedepan akan ditingkatkan, baik jenis lomba maupun penghargaan yang diberikan.

"Minimal jumlah lombanya sama dengan tahun ini, namun hadiahnya sudah kita ajukan di anggaran untuk ditingkatkan. Hal ini semata-mata untuk menghargai para guru yang berprestasi, supaya bisa memberikan pelayanan pendidikan terbaik," katanya. (gat)










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)