Cilacap

Piala Polda Jateng

Duo Ngapak Gagal ke Final

satelit post | Senin, 29 Juni 2015 - 09:01:38 WIB | dibaca: 684 pembaca

Pemain PSCS Cilacap (biru) berduel di udara dengan pemain Persis Solo dalam laga lanjutan semifinal Piala Polda Jateng di Stadion Wijayakusuma, Cilacap , Minggu (28/6)

CILACAP, SATELITPOST- Dua kesebelasan kebanggaan wong ngapak Banyumas, PSCS Cilacap dan Persibas Banyumas gagal ke Final Piala Polda Jateng. Kedua kesebelasan yang berlaga Minggu malam (28/6) harus mengakui keunggulan lawan. PSCS ditaklukkan Persis Solo 1-3 dan Persibas Banyumas ditaklukkan PSIS 0-2.

 

Laga big macth tersaji dalam lanjutan Semifinal leg II Piala Polda Jateng yang mempertemukan tuan rumah PSCS Cilacap melawan tamunya Persis Solo di Stadion Wijayakusuma. PSCS yang membutuhkan minimal 3 gol, langsung memperagakan permainan penyerang. Namun sayang, justru Persis yang berhasil keluar sebagai pemenang. Gol kemenangan Persis dicetak Feriyanto pada menit ke 35

 

Sejak kick off babak pertama, PSCS yang minus Budi Sudarsono dan mencadangkan Taryono, langsung menggebrak gawang Persis yang dijaga Agung Prasetyo. Pada sepuluh menit pertama, tim besutan Ahmad Muhariah itu mendapat sedikitnya tiga peluang emas.

 

Peluang pertama datang dari Arif Kurniawan yang sundulannya masih melambung. Kemudian Saeful Bahri, yang sepakannya hanya menyisir sisi kiri gawang serta sundulan Said yang melayang tipis di atas mistar gawang.

 

Persis yang terus ditekan, mencoba bangkit dengan mengandalkan serangan balik cepat. Anak asuh Aris Budi tersebut, sempat mendapat peluang emas. Namun sayang sepakan keras Nanang Aspirin hanya melenceng tipis di sisi kanan gawang PSCS yang dikawal Suhaimin.

 

Padab menit ke 20, PSCS kembali menebar ancaman. Kali ini melalui kaki Siswanto yang mengirim umpan terukur dari sisi kanan Pertahanan Persis. Namun sayang, umpan tersebut tak mampu dimaksimalkan Said dan Arif yang berada di mulut gawang Persis.

 

Keasyikan menyerang, membuat PSCS lengah dalam bertahan. Pemain Persis, Nanang Aspirin, nyaris mencetak gol ke gawang PSCS. Nanang yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan Suhaimin, tak mampu memaksimalkan peluang karena tendangannya hanya meluncur tipis di sisi tiang gawang.

 

PSCS akhirnya benar-benar kecolongan. Pemain Persis, Nanang yang menyisir sebelah kiri pertahanan lawan, berhasil mengirim umpan tarik dan berhasil dimaksimalkan oleh Feriyanto. Tuan rumah pun tertinggal 0-1.

 

Tertinggal satu gol, PSCS mencoba bangkit. Serangan bertubi-tubi kembali dilancarkan ke gawang Persis. Namun Laskar Pasopati yang menerapkan pertahanan berlapis, mampu mengkandaskan serangan para pemain PSCS. Hingga babak pertama berakhir, Persis mampu mempertahankan keunggulannya.

 

Memasuki babak kedua, PSCS kembali menggencarkan serangan. Namun lagi-lagi, rapatnya pertahanan Persis membuat serangan Siswanto dkk selalu kandas.

 

PSCS kembali kecolongan pada menit ke 48 setelah Feriyanto lolos dari jebakan offside dan mampu mencetak gol ke gawang Suhaimin. Kedudukan pun berubah 0-2.

 

Hanya berselang 3 menit, Persis kembali mencetak gol melalui serangan balik cepat. Pemain pengganti Ainudin mampu mengecoh dua pemain belakang PSCS dan langsung mengarahkan bola ke tiang jauh. Penjaga gawang PSCS yang sudah out off possesion tak mampu berbuat banyak dan hanya bisa melihat ketika gawangnya kembali bobol. Kedudukan pun berubah 0-3 untuk keunggulan tim tamu.

 

Defisit lima gol, membuat mental anak-anak PSCS drop. Meski tetap tampil menyerang, namun sejumlah kesalahan kerap dilakukan. Hal inipun membuat sejumlah peluang yang didapat sia-sia.

 

Memasuki 10 menit babak kedua, tensi permainan sedikit menurun. Persis mampu keluar dari tekanan dan seringkali melakukan serangan sporadis yang membuat para pemain belakang PSCS jatuh bangun.

 

PSCS yang tak ingin tampil malu di depan pendukungnya sendiri, tidak kenal menyerah. Serangan bertubi-tubi kembali digencarkan. Namun ketiadaan striker mematikan di lini depan PSCS, membuat anak asuh Muhariah tak kunjung mencetak gol. 

 

Pada menit ke 66, PSCS akhirnya mendapat hadiah pinalti setelah salah satun pemain Persis dianggap hand ball. Arif yang maju sebagai algojo, mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Kedudukan pun berubah 1-3.

 

Memasuki 15 menit terakhir babak kedua, jual beli serangan terus terjadi. Namun sayang, tak ada tambahan gol dari kedua kesebelasan. Hingga babak kedua berakhir, kedudukan tetap 1-3 untuk keunggulan Persis.

 

Dengan kemenangan ini, Persis pun berhak melaju ke babak final menghadapi PSIS Semarang melawan Persibas.

 


Sementara itu, Persibas Banyumas harus mengakui keunggulan PSIS Semarang dalam leg kedua semifinal Piala Kapolda Jawa Tengah, di Stadion Jatidiri Semarang, tadi malam. Tim kebanggaan warga Banyumas ini kalah 0-2. Hasil ini membut Persibas secara akumulatif kalah 0-3. Sebab, pada leg pertama di Purwokerto, Persibas kalah 0-1. 

Dikutip dari livetweet @tribunjateng, gol PSIS dibuat Fauzan Fajri menit 46 melalui titik penalti. Satu gol lainnya dibuat M Ridwan menit 89. Di partai ini, Persibas harus bermain 10 orang. Sebab, Nova Yana menyikut Johan Yoga. Tindakan Nova di menit 53 membuatnya dikeluarkan lapangan. 

Di partai ini, PSIS benar-benar dominan dalam urusan penguasaan bola. Namun, di babak pertama, PSIS belum bisa mencetak gol. 

Dikutip Tribunnews, Mahesa Jenar bermain terbuka dengan mengandalkan M Yunus sebagai motor serangan. Pemain bernomor punggung 7 tersebut kerap kali melakukan manuver ke lini pertahanan lawan, termasuk beberapa kali percobaan tendangan yang masih belum menemui sasaran.

Penampilan spesial justru ditunjukkan kiper Persibas Triono Putra. ‎Di menit ke 28, tiga tembakan jarak dekat pemain PSIS, masing-masing oleh Harry Nur, Bakori Andreas, dan Fauzan Fajri berhasil diblok.

Kendati demikian, performa oke Triono tidak didukung rekan-rekan di depan. Baik bek mau pun gelandang Persibas tidak sengotot kala bermain di kandang. Alhasil, duet striker Yulianto dan Bilton Fernando tidak berkutik lantaran seretnya asupan bola. 
(amron_alfarizie@yahoo.com, kholil.rokhman@gmail.com)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)