Opini & Budaya

Dari Musibah Menjadi Berkah

Magang Dua | Senin, 17 April 2017 - 10:41:30 WIB | dibaca: 52 pembaca

Perjalanan manusia di dunia pasti menemui pasang surut. Kesenangan, kenikmatan, rintangan, kesusahan, kesulitan, kemalangan, bencana, dan peristiwa lainnya silih berganti.

Manusia dalam menanggapi suatu musibah beragam. Pertama menganggap musibah sebagai suatu hukuman. Akibatnya ia merasa sempit dan mengeluh. Kedua, menilai musibah sebagai penghapus dosa, kemudian dia akan menyerahkan segalanya kepada sang pencipta. Ketiga, merasa yakin jika musibah ada ladang untuk meningkatkan semangat dan keyakinan kepada Tuhan. Orang seperti ini yang jika menghadapi musibah akan bersikap tenang dan percaya adanya perubahan dan kebaikan pada dirinya.

Orang-orang yang tegar dalam menghadapi musibah adalah orang yang selalu bersabar. yakin dan mempunyai kekuatan dalam menghadapi musibah. Tidak terlena dengan kesedihan yang berkepanjangan dan mampu melanjutkan hidup.

Bersikap tegar adalah tindakan yang sangat tepat jika manusia menghadapi musibah. Selalu berpikir positif sehingga tidak larut dalam kesedihan yang berkepanjangan.

Buku setebal 468 halaman, karya Jack Canfield menggambarkan ketegaran mereka yang mengalami musibah. Pembaca dapat belajar dari kisah-kisah inspiratif ini, agar dapat meniru bagaimana cara menghadapi musibah.

Ester McNeil Griffin, yang didiagnosa terkena kanker ginjal mengisi sisa waktunya dengan mengikuti kursus bahasa Spanyol dan Rusia. Ia juga kursus geneologi. Tak terasa lima tahun berlalu, kehidupan Ester terus berlanjut hingga ia memiliki cucu dan empat cicit.

Jennifer Arnold, MD MSc, dengan keterbatasan fisik, menggapai cita-cita menjadi dokter. Perjuangan yang panjang dalam menghadapi musibah (halaman 176).

Buku ini mengajarkan bagaimana membungkus musibah menjadi kekuatan yang luar biasa. Kisah-kisah nyata dalam buku “Dari Musibah Menjadi Berkah” yang memuat 101 kisah inspiratif, menjadikan pembaca memahami bahwa di balik musibah akan ada berkah,jika kita mampu bersikap tegar dalam menghadapi musibah. Mendapatkan yang terbaik dari situasi yang terburuk.

 

Peresensi:

Sikhah, Guru Taman Kanak-Kanak Pertiwi Bobosan Purwokerto Utara

 

 

Judul Buku  : Dari Musibah Menjadi Berkah

Penulis         : Jack Canfield dkk.

Alih Bahasa : Susi Purwoko

Halaman      : 468 Halaman

Penerbit       : PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit          : 2017

ISBN          : 978-602-03-0684-1

Bersikap Tegar dalam Musibah

 


 

 

 

 

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)