Purbalingga

BPDAS SOP Sosialisasikan Quick Wins

satelit post | Jumat, 31 Juli 2015 - 10:55:36 WIB | dibaca: 223 pembaca

sumber.fotonet

PURBALINGGA, SATELITPOST-Kamis (30/7), Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Serayu Opak Progo (BPDAS SOP) menggelar sosialisasi Quick Wins di Hotel Kencana Purbalingga. Kegiatan diikuti 60 orang dari dinas instansi terkait Pemkab Purbalingga, BPDAS SOP, petugas pendamping, dan kelompok pelaksana kegiatan.

“Tujuan sosialisasi ini adalah agar percepatan penanganan DAS Serayu mendapat dukungan semua pihak, sehingga DAS serayu menjadi DAS yang sehat,”kata Kepala BPDAS SOP Anang Widicahyono.

Menurut Anang, kerusakan hutan dan lahan DAS mempunyai dampak negatif. Baik terhadap kondisi setempat, maupun kondisi tempat lainnya yang berhubungan secara hidrologis.

“Selain itu, adanya peningkatan pemanfaatan sumberdaya alam (SDA) karena pertambahan penduduk dan perkembangan ekonomi, konflik kepentingan serta kurangnya keterpaduan antar sektor antar wilayah hulu-tengah-hilir juga melatarbelakangi sosialisasi ini,” ujarnya.

Anang menambahkan, DAS serayu dengan luas 372.448,72 hektare sesuai dengan klasifikasi adalah DAS yang dipulihkan. Sedangkan di DAS Serayu terdapat empat bendungan vital dan satu danau yang perlu ditangani karena sedimentasinya tinggi.

“Bendung yang perlu ditangani karena tingginya sedimentasi adalah Bendung Sudirman di Sub DAS Mrawu, Bendung Tulis di Sub Tulis, Bendung Gajah Uling di Sub DAS Sapi, dan Bendung Gerak Serayu di Sub DAS Serayu Hilir serta Danau Nggarung di Sub DAS Serayu Hilir,”ujar Anang.

Anang menegaskan, kondisi faktual DAS Serayu  berupa lahan kritis serta indek erosinya tergolong buruk.

“Saat ini kondisi lahan kritis di DAS Serayu seluas 91.344,18 hektare (24,52 persen), indek kualitas sumber daya airnya tergolong sedang dengan nilai 53,52. Sedangkan indek penggunaan lahan tergolong sedang dengan nilai 3,31 serta nilai indek erosinya tergolong buruk dengan nilai 4,76,” ujarnya lagi. (gus)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)