Banjarnegara

Baznas Bakal Pugar 50 Rumah Tak Layak Huni

Magang Dua | Sabtu, 29 April 2017 - 10:36:35 WIB | dibaca: 153 pembaca

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjarnegara, menelurkan program pemugaran Rumah Tak Layak Huni (RTLH) yang dibiayai dana zakat. Rencana tersebut diungkapkan Ketua Baznas Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo yang baru saja dilantik Penjabat Bupati Banjarnegara, Prijo Anggoro di di Pendapa Dipayudha, Jumat (28/4).

"Tahun ini Baznas akan memugar 50 unit RTLH senilai Rp 500 juta. Selain itu, Baznas juga berencana menyalurkan bantuan usaha produktif dan beasiswa," kata Sutedjo.

Rencana tersebut, dianggap sejalan dengan upaya pengentasan kemiskinan yang diprogramkan pemerintah daerah. Diakui Penjabat Bupati Banjarnegara, saat ini di Banjarnegara masih terdapat 18,37 persen penduduk miskin atau 337 ribu jiwa dari 106 ribu Rumah Tangga Miskin. Dari jumlah tersebut, terdapat 52 ribu rumah tidak layak huni (RTLH).

"Angka kemiskinan ini, menjadi tanggung jawab semua stakeholder yang ada di Banjarnegara, termasuk Baznas," kata Anggoro.

Dalam kesempatan itu, Anggoro juga berharap supaya zakat dapat dimanfaatkan secara optimal membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pengurus Baznas harus mengelola dana zakat secara profesional, amanah, dan transparan.

Anggoro juga berharap, pengurus Baznas Banjarnegara lebih jeli dalam memilah dan memilih calon penerima manfaat dari zakat supaya tepat sasaran.

"Zakat menjadi satu sumber dana potensial yang dapat digunakan untuk mendukung program pemerintah. Kami berharap nantinya pimpinan Baznas, mampu mengelola zakat untuk kemajuan umat, terutama warga kurang mampu," ujar Anggoro. (gatotgat@yahoo.com)










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)