Purbalingga

dr Nonot Mulyono Mkes, Direktur RSUD Goeteng

Batasi Asupan Garam

satelit post | Kamis, 12 Januari 2017 - 16:58:55 WIB | dibaca: 79 pembaca


 

ADA banyak hal terkait dengan pola makan kita yang paling sederhana ternyata sangat memengaruhi kesehatan kita ke depannya. Satu di antaranya yakni garam. Siapa pernah menyangka mungkin saja selama ini asupan garam kita setiap harinya justru berlebihan.

 

Untuk itu, pola kebiasaan makan kita mulai sekarang harus kita ukur sejak dini jika tidak ingin ada gangguan kesehatan yang mungkin timbul di waktu-waktu yang akan datang. Begitulah kiranya yang selalu disampaikan Direktur RSUD Goeteng Taroenadibrata, dr Nonot Mulyono Mkes.

 

Dari sebuah penelitian yang pernah dia baca, mengurangi asupan garam sebesar sepuluh persen setiap hari ternyata bisa menyelamatkan jutaan nyawa di dunia. Pasalnya, dari sanalah pangkal solusi untuk mengurangi angka kematian dan kecacatan yang memicu penyakit jantung dan stroke.

 

Kebanyakan orang dewasa mengonsumsi garam lebih dari kadar maksimum yang direkomendasikan sebanyak 2 gram per hari. Hal itu mengakibatkan 1,65 juta kasus kematian akibat penyakit jantung setiap tahun.

 

“Jadi apa salahnya, mulai sekarang kita berkonsultasi ke dokter dan ahli gizi untuk menakar jumlah garam dan yodium yang sebenarnya tubuh kita perlukan. Karena investasi yang paling mahal salah satunya yakni investasi kesehatan,” katanya. (bal)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)