Banjarnegara

Anak Sekolah Dilarang Mengendarai Motor

Magang Dua | Senin, 17 Oktober 2016 - 12:41:50 WIB | dibaca: 99 pembaca

ANGGOTA Satlantas Polres Banjarnegara menegur pelajar SMP yang menggunakan sepeda motor, beberapa waktu lalu. ISTIMEWA

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Tanpa disadari, perwujudan rasa sayang orangtua terhadap anak seringkali berujung petaka. Tak sedikit orangtua yang memfasilitasi dan membebaskan anaknya yang belum cukup usia, mengendarai kendaraan bermotor untuk berangkat sekolah.

Menurut Ipda Heri Sudaryanto, Kepala Unit Turjawali Satlantas Polres Banjarnegara, hal itu tidak dapat dibenarkan. Sebab, anak-anak dibawah usia 17 tahun, belum bisa memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM sebagai persyaratan untuk berkendara. Mereka dianggap belum memiliki keterampilan berkendara, serta belum dapat mengontrol emosi karena kondisi psikologis yang masih labil.

Karena dianggap menjadi satu diantara sekian faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas, Satlantas Polres Banjarnegara melakukan berbagai upaya. Sejumlah pelajar SMP yang melintas di ruas jalan kota maupun jalan provinsi di wilayah Banjarnegara, mendapat teguran keras dari petugas Satlantas.

Pelajar SMP yang kedapatan mengendarai sepeda motor, banyak yang diberhentikan untuk diperiksa surat-surat dan kelengkapannya.

"Pelajar yang belum memiliki SIM, cenderung masih lemah kesadarannya akan betapa pentingnya keselamatan berlalu-lintas. Banyak kecelakaan lalu-lintas yang disebabkan pelaja,r karena perilaku berkendaranya yang buruk,” kata Kasat Lantas AKP Ben Aras, S.Sos, MH. melalui Kanit Turjawali, Ipda Heri Sudaryanto, SH.

Lebih lanjut ia mengimbau, supaya para orangtua dapat lebih memperdulikan keselamatan buah hatinya yang masih dibawah umur, dengan tidak mengizinkan mereka mengendarai sepeda motor ke sekolah.

Selain itu, Kanit Turjawali secara tegas mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan tindakan tegas berupa tilang hingga memanggil orangtua maupun guru, bagi pelajar yang mengendarai sepeda motor tanpa memiliki kelengkapan dan surat-surat berkendara.(gat)










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)