Internasional

Ambalat, Cuma Buang-buang Energi

satelit post | Rabu, 17 Juni 2015 - 14:01:16 WIB | dibaca: 269 pembaca

JENDERAL MOELDOKO

JAKARTA, SATELITPOST-Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan bahwa ia dan Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia telah sepakat untuk tidak lagi menurunkan prajurit di wilayah Ambalat. Menurut Moeldoko, permasalahan di Ambalat akan diselesaikan secara diplomatik.

"Saya sering berkomunikasi dengan Panglima Diraja Malaysia, untuk bersekapat soal Ambalat, tidak perlu lagi kita turunkan pasukan bersenjata. Kita masing-masing memahami tidak ada yang perlu kita perebutkan di sana, cuma buang-buang energi," ujar Moeldoko, saat ditemui di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (16/6) sebagaimana dikutip Kompas.com.

 

Moeldoko membenarkan adanya pesawat dan kapal Malaysia yang memasuki wilayah Ambalat, dari data dan informasi yang diperoleh personel TNI yang melakukan pengawasan. Namun, pelanggaran terkait batas-batas wilayah tersebut akan diselesaikan melalui hubungan diplomatik kedua negara.

"Semua kita kelola tanpa pendekatan kekerasan. Akan kita kelola dengan konteks politik yang lebih santun yaitu melalui protes secara diplomatik," kata dia.

 

Menurut Moeldoko, laporan terhadap pelanggaran batas wilayah yang dilakukan kapal dan pesawat milik Malaysia, selalu ia sampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhi Purdijatno, serta kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Moeldoko berharap, laporan yang disampaikan dapat ditindaklanjuti sebagai bentuk protes terhadap negara lain.

Hingga Mei 2015, sudah sembilan kali pesawat perang milik militer Malaysia diduga masuk tanpa izin ke wilayah yang berbatasan dengan Kalimantan, yaitu Blok Ambalat. Keberadaan pesawat Malaysia terdeteksi oleh TNI Angkatan Udara. (gus)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)