Kesehatan

4 Tanda Orang Kesepian

satelit post | Jumat, 31 Juli 2015 - 14:21:17 WIB | dibaca: 618 pembaca

FOTONET

APAKAH karena baru putus dengan kekasih, berjauhan dari keluarga, pindah ke kota baru atau kantor baru, rasa kesepian sulit dihindari dalam hidup ini?

 

Sebenarnya rasa kesepian adalah hal yang normal, tetapi kesepian yang terlalu lama bisa berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik. Bahkan menurut sebuah penelitian, kesepian bisa meningkatkan risiko depresi dan kematian.

 

Banyak orang yang menganggap kesepian berarti sendirian. Padahal, cukup banyak orang yang tetap merasa kesepian di tengah keramaian. Untuk mengetahui apakah Anda merasa kesepian atau tidak, ketahui tanda-tanda ala kompas.com berikut ini:

 

1. Menghabiskan waktu untuk nonton

Apakah Anda sering menghabiskan waktu untuk menonton serial televisi hampir sepanjang hari? Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang merasa kesepian biasanya sering menghabiskan waktu untuk nonton.

 

2. Kesulitan berada di situasi sosial

Dalam beberapa seri eksperimen, profesor Megan L Knowles menemukan, orang yang kesepian mungkin memiliki pemahaman yang baik dalam keterampilan sosial, tapi mereka merasa tertekan dan bingung bagaimana harus bersikap dalam dunia nyata.

 

3. Saat sendiri dirasakan sebagai kesepian

Merasa kesepian sangat berbeda dengan apa yang kita rasakan saat butuh waktu untuk sendiri atau melakukan me time. Justru meluangkan waktu untuk diri sendiri memiliki banyak manfaat.

 

Jika Anda merasa sulit tidur, dilanda rasa cemas, depresi, atau tak bisa jauh dari televisi dan media sosial saat sendiri, kemungkinan Anda memang kesepian.

 

4. Aktif di media sosial

Sebuah studi dari Universitas Michigan menemukan, kita akan makin aktif di media sosial saat merasa kesepian. Meski media sosial tidak menyebabkan kita kesepian, tapi melihat kehidupan orang lain di lini masa kita terkadang justru menyebabkan rasa tidak bahagia.

 

Jadi, daripada langsung membuka media sosial saat Anda sedang kesepian, cobalah melakukan interaksi tatap muka atau telepon dengan seseorang yang Anda kasihi. (jul)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)