Cilacap

24 Siswa Lomba Bercerita tentang Pangsar Sudirman

Magang Dua | Jumat, 21 April 2017 - 10:19:34 WIB | dibaca: 71 pembaca

CILACAP, SATELITPOST-Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap menggelar lomba bercerita dengan tema Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman di Perpustakaan Daerah, Kamis (20/4). Lomba yang diikuti oleh perwakilan dari UPT Pendidikan dan Kebudayaan di seluruh kecamatan ini diikuti sebanyak 24 siswa sekolah dasar (SD)/ MI.

 

Di depan juri, para peserta ini bercerita tentang Panglima Besar Jenderal Sudirman yang berjuang untuk Indonesia sampai akhir hayatnya. Tidak banyak diketahi juga, bahwa Jenderal Sudirman pernah hidup di Cilacap. Meskipun dia lahir di Purbalingga, namun pada usia 8 bulan dibawa orang tua asuhnya ke Cilacap sampai bersekolah.

 

Handari Kepala Bidang Perpustakaan di Dinas Arsip dan Perpusda Cilacap mengatakan, lomba ini digelar untuk mencari bibit pencerita asal Cilacap. Selain itu juga untuk menumbuhkan minat membaca pada anak.

 

“Dengan mendongeng, anak-anak ini harus membaca terlebih dahulu. Karena itu dengan lomba ini bisa membiasakan mereka agar membaca itu menyenangkan, bermanfaat dan bisa menumbuhkan jiwa patriotisme,” katanya, kemarin. 

 

Peserta yang jadi juara, nantinya akan mewakili Cilacap untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Jawa Tengah pada 4 Mei mendatang. Untuk mempersiapkan hal tersebut, dinas juga sudah menyiapkan pelatihan kepada pemenang yang nantinya mewakili untuk dilatih.

 

“Selama ini belum ada prestasi yang membanggakan di tingkat provinsi, mudah-mudahan dengan ada pembekalan dan mengundang pelatih dari luar kota bisa meraih prestasi di tingkat provinsi,” katanya.

 

Satu peserta, Lutfiana Mustika Dwi kelas 5 SD Negeri Jetis 01 Kecamatan Nusawungu, mengaku lega setelah berlomba. Dari cerita yang dia bawakan, ada hikmah yang bisa dipetik. Yakni harus rela berkorban dan berjuang demi Negara.

“Harapannya bisa menang dan bisa mewakili Cilacap di tingkat provinsi,” ujarnya, kemarin. (ale)

 










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)